Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Dosen UMP Sabet Hibah Dikti

Kualitas dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) tidak diragukan lagi. Satu demi satu pengajar di UMP membuktikan prestasinya. Seperti halnya Prof. Sugeng Priyadi, M. Hum dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FKIP UMP) berhasil lolos dalam pengusul program hibah Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi Tahun 2014.

 Berdasarkan surat nomor 2744/E5.4/HP/2014 September lalu, dengan judul Buku ‘Sejarah Lisan’ yang ditandatangi oleh Direktur penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jendreal Pendidikan Tinggi (KEMENDIKBUD DIKTI), dari 399 naskah buku ajar yang diusulkan, 100 naskah usulan disetujui sebagai penerima hibah.

Tugas dosen selain mengajar adalah harus rajin menulis, seperti menulis buku ajar. Buku ajar merupakan materi penunjang sebuah sub materi yang berisi referensi berupa hasil penelitian dan contoh untuk memperdalam materi perkuliahan. Sehingga ketika seorang mahasiswa kurang paham dengan apa yang disampaikan oleh dosen, dapat membaca buku ajar guna memperdalam materi. “Dosen dituntut untuk siap tidak hanya mengajar tapi juga dalam menyiapakan materi, seperti menulis buku ajar. Sebab buku ajar merupakan jembatan penting antara mahasiswa dan dosen. Yakni, sebagai salah satu referensi berupa monografi dari hasil penelitian. Tujuan adanya buku ajar adalah agar mahasiswa dapat belajar sendiri, serta lebih mendalami materi,” jelas Sugeng.

   

Sebagai insan akademik, dosen harus berkewajiban untuk mempertanggungjawabkan apa yang disampaikan, yaitu dengan mengajar, menulis buku ajar, melengkapi materi, serta memperkaya buku. Sebab dengan memperkaya buku, ketika sebuah lembaga khususnya prodi ingin mengajukan akreditasi, buku ajar dapat menjadi nilai tambah berdasarkan hasil penelitian dosen. “Apa adanya, ada buktinya,” tambah Sugeng. Salah satu Guru Besar UMP ini berharap pengajar di UMP aktif menulis buku ajar sebagai penunjang dalam mengajar.

 

 

f t g m

Kontak Kami

Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : fai@ump.ac.id

Web : http://fai.ump.ac.id