This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • GooglePlus
  • Linkedin
 
Thursday, 12 March 2020 04:43

LEMBAGA KEMAHASISWAAN FAI DAN LEMBAGA SOSIAL ACT PURWOKERTO MENGGELAR FORUM DISKUSI SOSIAL POLITIK

Written by
Rate this item
(0 votes)

Lembaga Kemahasiswaan FAI (BEM, DPM, HMPS, IMM Komisariat Buya Hamka) menggandeng Lembaga Sosial ACT (Aksi Cepat Tanggap Purwokerto) menggelar Forum Diskusi Sosial Politik dengan tema “Mengurai benih-benih sosial dari konflik Hindu-Muslim di India” pada Selasa (10/03).

Bertempat di Ruang I.1.2 Fakultas Agama Islam UMP acara tersebut dihadiri oleh pemateri utama yaitu saudara Rama Fardiansyah (PIC Program ACT Purwokerto) dan 25 peserta diskusi.

Diskusi mengambil topik isu agama terbaru dalam ranah Internasional yakni Konflik di india yang merugikan kaum muslimin dengan terbitnya UU oleh perdana mentri India yang mengecualikan kaum muslimin untuk jadi warga negara india. Hal ini memicu konflik besar pada bulan Desember 2019 dan berlanjut hingga akhir Februari 2020.

Dalam kesimpulan diskusi kali ini forum memberikan 6 pernyataan sikap dengan tuntutan yaitu:

1. Sebagai warga negara dunia wajib membantu menyelesaikan / melawan konflik tersebut.

2. Sebagai saudara sesama muslim mengutuk keras konflik yang merugikan umat Islam.

3. Sebagai warga Indonesia ikut menjaga perdamaian dunia sesuai UUD 45

4. Mewajibkan seluruh lembaga kemanusiaan dari skala lokal, regional, nasional, dan internasional turut serta membantu para korban konflik di India.

5. Kami sebagai mahasiswa FAI UMP mendesak pemerintah Indonesia untuk segera memberikan sikap yang tegas terhadap penindas / diskriminasi dari New Delhi, India.

6. Sebagai mahasiswa FAI UMP mendesak kebijakan pemerintah India untuk mencabut UU CAB India 2019 yang di anggap merugikan hak warga negara yang beragama Islam.

Read 227 times