This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • GooglePlus
  • Linkedin
 
Tuesday, 30 July 2019 00:52

Pembekalan Magang I dan II

Written by
Rate this item
(0 votes)

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokwerto (FAI UMP) menggelar pembekalan magang 1 dan 2. Di aula ak. Anshor Kantor Pusat UMP Sabtu(27/7).

Dekan FAI UMP Dr. Ibnu Hasan, S.ag.,MSI. dalam sambutanya mengatakan bahwa "guru mempunya 4 kompetensi yang harus dikuasai sebagai guru profesional, yang pertama kompetensi pedagogik, pemahaman tetang ilmu pendidik dan ijazah yang berasal dari jurusan program studi pendidikan menjadi syarat utama kompetensi pedagogik."

“Kompetensi kedua yaitu kompetensi profesional bahwa kita menguasai bidang keilmuannya, anda adalah calon guru PAI maka anda harus menguasai materi materi PAI, kompetensi ketiga yaitu sosial, punya andil dan terlibat aktif dalam masyarakat, kemudian yang keempat yaitu kompetensi kepribadian ini yang menyangkut integritas kepribadian akhlakul karimah,” ungkapnya.

Lebih lanjut,Dr Ibnu mengatakan,magang 1 dan 2 menjadi bekal di magang 3, nantinya mahasiswa akan mempraktikan langsung menjadi guru yang sesungguhnya.

“Magang ini memiliki tujuan masing-masing yaitu tujuan magang 1 mengadakan pengamatan langsung kultur sekolah untuk membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian dan sosial,” ungkapnya.

Dijelaskan, magang 2 bertujuan memantapkan kompetensi akademik pendidikan melalui penyusunan perangkat pembelajaran dibawah bimbingan guru pamong magang (GPM).

“Dalam tujuan tersebut tentunya mempunya visi yaitu menghasilkan calon guru yang profesional dalam wawasan pengetahuan memiliki daya kreatifitas yang tinggi , memiliki polah tingkah laku yang unggul dan islami dalam melaksankan pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah,” jelasnya.

Pelaksanaan magang 1 dan 2 dilaksanakan mulai dari 1 Agustus-15 Agustus 2019. “Jumlah peserta magang sebanyak 156 mahasiswa dengan peserta magang  1 sebanyak 93 mahasiswa dan peserta magang 2 sebanyak 63 mahasiswa,” pungkasnya.

Read 11 times Last modified on Tuesday, 30 July 2019 04:03