This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • GooglePlus
  • Linkedin
 
Monday, 24 June 2019 03:50

Mengenal Lebih Dekat Rektor UMP Dr Anjar Nugroho

Written by
Rate this item
(0 votes)

Dr. Nugroho sosok kelahiran Demak, 8 Oktober 1975 ini terkenal sebagai sosok yang cerdas dan intelektual. Tak ayal, banyak mahasiswa dan jajaran akademika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menjadikannya motivasi dan panutan lantaran pribadinya yang pentuh inspiratif dan suka membaca.

Sebelum menjabat sebagai rektor, ia pernah memegang berbagai jabatan. Diantaranya, Wakil Rektor I Bidang Akademik UMP (2016 – 2019), Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan (2012 – 2016), Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) (2009 – 2013) dan Pembantu Dekan I pada 2001 – 2004.

Anjar menyelesaikan Studi S3 di bidang Ilmu Politik Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada tahun 2017. Sebelumnya ia menempuh pendidikan formal Sarjana Perbandingan Madzab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selanjutnya ia mengambil program magister dua sekaligus, yakni Hubungan Internasional UMY dan Studi Politik dan Pemerintahan dalam Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Belum cukup sampai disitu ia juga aktif di berbagai organisasi. Dr Anjar Nugroho sejak SMA sudah aktif di Ikatan Remaja/Pelajar Muhammadiyah. Ditahun 1990-2000 ia sudah mulai mulai berkiprah menjadi Pimpinan Ranting sampai Pimpinan Pusat IRM waktu itu yang sekarang berganti nama menjadi IPM.

Semasa kuliah, pria yang sempat menjadi santri angkatan pertama Pesantren Muhammadiyah Kudus sekaligus siswa SMA Muhammadiyah Kudus  ini juga aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan menjalani kiprah dari Pimpinan Komisariat sampai Dewan Pimpinan Daerah IMM DIY dalam rentang waktu 1994-1999. Tercatat hingga kini Dr Anjar Nugroho menjabat sebagai ketua Forum Komunikasi Alumni (FOKAL) IMM Banyumas, dan Ketua Kwartir Wilayah (Kwarwil) Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Jawa Tengah.

Selain berorganisasi, Dr Anjar Nugroho juga sangat produktif menulis di berbagai jurnal ilmiah. Dari tulisan tersebut, menghantarkan ia menjadi penulis terbaik jurnal ilmiah dosen PTAIS se-Indonesia pada 2007 untuk kategori tulisan hukum Islam.

Jurnal yang sempat mempublikasikan tulisannya adalah Jurnal Islamadina, Himmah, Tajdida, Asy-Syir’ah, Afkaruna, Tajrih, al-Jami’ah, al-Ma’arij, Humanika, al-Ma’arif, Ushuluddin, Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) (terindeks Scopus).

 

https://ump.ac.id/Berita-1512-Mengenal.Lebih.Dekat.Rektor.UMP.Dr.Anjar.Nugroho.html

Read 56 times