This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • GooglePlus
  • Linkedin
 
Monday, 24 June 2019 03:19

FAI UMP Terus Cetak Insan Cerdas Intelektual dan Spiritual

Written by
Rate this item
(0 votes)

Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP), Dr. Ibnu Hasan, S.Ag., M.SI., mengatakan belajar di UMP adalah proses penanaman nilai, akhlak, dan pembelajaran ilmu pengetahuan.

Sehingga outnya adalah insan yang berkontribusi memperbaiki kualitas lingkungan di masa depan dengan mengemban misi rahmatan lil 'alamiin.

"UMP berkomitmen mendidik dan mendukung saudara-saudara untuk berkembang menjadi insan yang memiliki keunggulan intelektual di bidang masing-masing disertai juga dengan kecerdasan spiritual yang tinggi," katanya.

Dijelaskan Ibnu, pendidikan tinggi mempunyai peranan penting dalam menghasilkan insan intelektual. Mereka diharapkan mampu menjadi generasi penerus dan pelurus dalam mewujudkan cita-cita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Menurutnya dengan karakter pendidikan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak muliah.

“Fakultas Agama Islam merupakan salah satu Fakultas unggulan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang memiliki unggulan pengembangan dan penerapan ilmu keislaman di bidangnya. Memberikan perhatian besar dalam usaha mencetak calon guru Pendidikan Agama Islam yang tidak saja memberikan pengetahuan tetapi juga penanaman akhlak kepada anak didiknya kelak,” ungkapnya.

Berbekal visi-misi, menjadikan Fakultas Agama Islam yang terdepan dan unggul FAI UMP menyelenggarakan sistem pengelolaan fakultas yang profesional, serta menggerakan dakwah Islam rahmatan lil’alamin, Fakultas Agama Islam. Hal itu dibuktikan dengan eksistensinya dalam mencetak alumni yang unggul, modern, dan Islami. Adapun program yang sudah dilaksanakan oleh FAI UMP diantaranya:

PPL Prodi PAI 2018

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa program studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan usaha untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi sebagai calon guru profesional. Praktik Pengalaman Lapangan yang pelaksanaannya di sekolah mitra sebagai masyarakat sasaran, pada dasarnya akan memberikan pengalaman belajar bagi para mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi, meningkatkan keterampilan dan kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab V Pasal 26 ayat 4 yang berbunyi “Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan tinggi bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan, keterampilan, kemandirian, dan sikap untuk menemukan, mengembangkan, serta menerapkan ilmu, teknologi, dan seni, yang bermanfaat bagi kemanusiaan”. Sesuai pula dengan bab VI Pasal 28 ayat 1 yang berbunyi “Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional”. Program kegiatan PPL PAI UMP dilaksanakan secara terintegrasi dan saling mendukung satu dengan lainnya untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru yang profesional.

Adapun lokasi PPL Prodi PAI 2018 sebagai berikut : SMP Negeri 2Purwokerto, SMP Negeri 6 Purwokerto, SMP Negeri 8Purwokerto, MTs. PPPI Miftahussalam Banyumas, MA. PPPI Miftahussalam Banyumas, dan SMK MuhammadiyahSomagede.

PKL Prodi HES 2018

Adanya Profesioalisme seorang praktisi Lembaga Keuangan Syariah senantiasa harus diikuti dengan standar kemampuan teoritis dan praktis secara maksimal oleh stakeholders. Kemampuan teorik dalam konteks Hukum Ekonomi Syariah adalah bentuk pemahaman tentang dasar, filosofi, konsep dan teori tentang aspek mendasar mengenai Hukum Ekonomi Syariah, sehingga dapat menciptakan pengembangan dan penemuan terbaru mengenai sistem Lembaga Keuangan Syariah. Sedangkan kemampuan praktik adalah kemampuan operasional mengenal tata kelola manajerial Lembaga Keuangan Syariah yang berjalan secara efektif, efesien, kredibel dan akuntabel sesuai dengan ajaran Islam.

Pengenalan Lembaga Keuangan Syariah kepada mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (HES FAI UMP) dikemas dalam bentuk program Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau Magang pada Lembaga Keuangan Syariah terutama pada saat mahasiswa berada pada semester akhir. Adanya program PKL ini diharapkan dapat meningkatkankemampuan dan pemahaman mahasiswa tidak saja secara teoritik melainkan praktik.

Adapun lokasi PKL Prodi HES 2018 : Bank Syariah Mandiri Purwokerto, BRI Syariah Purwokerto, Bank Muamalat Purwokerto, BPRS. Bina Amanah Satria Purwokerto, Bank Jateng Syariah Purwokerto, Bank Syariah Mandiri Purbalingga, BRI Syariah Purbalingga, Bank Muamalat Purbalingga.

Pelatihan Penulisan Buku Ajar

Peningkatan mutu pelaksanaan perkuihan dapat dilakukan dengan berbagai strategi, salah satu diantaranya melalui penerapan pendekatan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi (competency based education and training). Biasnaya, dalam pendekatan berbasis kompetensi digunakan sebagai acuan dalam pengembangan kurikulum, pengembangan bahan ajar, pelaksanaan pembelajaran,dan pengembangan prosedur penilaian.

Diberlakukannya KKNI pada perguruan tinggi merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang bermutu dan produktif. Maka, salah upaya dalam mendukung dan mencapai hal tersebut di atas, hadirnya buku daras atau buku ajar pada masing-masing atau salah satu matakuliah juga turut membantu kampusdalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Bahkan secara lebih jauh penerapan buku ajar dapat mengkondisikan kegiatan pembelajaran lebih terencana dengan baik, mandiri, tuntas, dan dengan hasil (output) yang jelas dan terencana.

Pelatihan maupun sharing penulisan buku ajar dilakukan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) pada tanggal 28 November 2018 di Ruang Rapat Dekan FAI UMP. Kegiatan ini menjadisalah upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran (perkuliahan) di masing-masing prodi FAI UMP. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya FAI UMP dalam meningkat luaran penelitian yang dilakukan oleh para dosen di lingkungan FAI UMP, dimana salah satu luarannya yakni adanya buku ajar pada masing-masing prodi, sehingga harapannya, kegiatan ini dapat dilakukan secara periodik oleh FAI UMP.

Pembukaan S2 PAI UMP

Pendidikan agama Islam yang diselenggarakan pada sekolah dasar hingga sekolah menengah, pada hakikatnya hendak menjadikan para peserta didik mampu mengerti, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam secara komprehensif dalam kehidupan sehari-hari, baik secara individu dan maupun secara kolektif di masyarakat. Oleh sebab itu, pada konteks penyediaan materi dan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus senantiasa memberikan potret yang menyeluruh mengenai objek dan subjek terkait pemasalahan yang sedang dihadapi dengan beragam solusi, sehingga mampu memberikan dampak sistemik terhadap para peserta didik.

Guna meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam (PAI) salah satu upaya yang dilakukan oleh FAI UMP yakni dengan membuka Magister (S2) Pendidikan Agama Islam yang saat ini tinggal menunggu turunnya SK. Pendirian.

Jurnal

Jurnal Islamadina FAI UMP terakreditasi (S5) Kemenristekdikti terhitung Maret 2016 sampai dengan Maret 2020. Pada tahun 2018 mendirikan Jurnal Hukum Ekonomi Syariah yang diisiasi oleh Prodi HES UMP.

 

https://ump.ac.id/Fakultaria-1417-FAI.UMP.Terus.Cetak.Insan.Cerdas.Intelektual.dan.Spiritual.html

Read 94 times