This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • GooglePlus
  • Linkedin
 
Friday, 08 December 2017 22:06

Mahasiswa FAI UMP: Ambil Peran di Masyarakat Karanggude

Written by
Rate this item
(0 votes)

Program studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES) Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) wujudkan komitmen UMP, Unggul, Modern, dan Islami melalui praktik lapangan dakwah. Melalui kegiatan praktik lapangan dakwah Mahasiswa HES menjadi cerminan civitas akademik UMP di lingkungan masyarakat. Sebelum mahasiswa diterjunkan ditengah masyarakat oleh prodi diadakan kegiatan pembekalan praktik lapangan dakwah di Ruang Q.I.1 Gedung FAI pada 9 Desember 2017.

Pembekalan Praktik Lapangan Dakwah ditujukan kepada 28 mahasiswa HES dan PAI tahun akademik 2014. Terdiri dari 17 Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan 11 Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES). Pembekalan ini diwajibkan bagi calon peserta Praktik Lapangan Dakwah, karena pembekalan ini merupakan salah satu rangkaian dari pelaksanaan Praktik Lapangan Dakwah yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 17 s.d 30 Desember 2017 di Ranting Muhammadiyah Karanggude, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas.

Disampaikan oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik FAI UMP Drs Makhful, M.Ag. mahasiswa FAI UMP yang mengikuti Praktik Lapangan Dakwah akan mengemban misi Universitas dan Fakultas dalam menyalurkan kebaikan di masyarakat. Kebaikan dalam menyampaiakan ilmu yang diperoleh semasa kuliah sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Harapanya agar ilmu yang didapat di perkuliahan bisa disalurkan dengan baik ke masyarakat, khususnya di Ranting Muhammadiyah Karanggude,” pungksd Drs Makhful, M.Ag.

Dalam pembekalan tersebut mahasiswa diberikan tiga pokok materi yang dapat disalurkan di tengah masyarakat. Yakni, Fiqih Dakwah, yang akan disampaikan oleh Dekan FAI UMP, Ibnu Hasan, S.Ag. M.S.I.,. Teknik Khutbah, oleh Kaprodi HES UMP, Drs. Wage, M.Ag., dan materi Pembuatan Laporan dan Program Kerja Praktik Lapangan Dakwah oleh Drs. Makhful, M.Ag.(rp/sls)

Read 10948 times
Rahmat Pambudi, S.Kom

IT Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

rahmatpambudi@ump.ac.id