This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • GooglePlus
  • Linkedin
 
Saturday, 18 November 2017 02:19

Universitas Muhammadiyah Purwokerto Gelar Diksar KOKAM

Written by
Rate this item
(0 votes)

 Sejumlah karyawan dan dosen anggota Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) se- Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP)mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) KOKAM tahun 2017. Acara ini digelar di Kompleks Universitas Muhammadiyah Purwokerto sejak Jum’at-Ahad (17-19/11/2017).

Turut Hadir dalam pembukaan Rektor UMP Dr. Syamsuhadi Irsyad MH., Komandan KOKAM Kabupaten Banyumas Azhar Syukri Romadlon, Komandan dan KOKAM Surya Cendekia UMP Iwan Fachrudin S.E. M.Si. A.k. C.A., dan dijadwalkan KOKAM Pusat Dahnil Anzar S.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari oleh KOKAM Surya Cendikia Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengambil tema Bermuhammadiyah melalui KOKAM :Tauhid Ilmu dan Amal adalah Senjata. Peserta Diksar KOKAM mendapatkan materi serta pelatihan untuk sadar Bela Negara serta merawat Pancasila dan NKRI.

Diksar KOKAM ini di isi oleh Pemateri yang kompeten yaitu KORAMIL, PDPM Banyumas, MDMC Banyumas, Polsek Kembaran dan KOKAM daerah Banyumas.

Kemudian menjalin sinergi atau kerja sama dengan Pemerintah, TNI, POLRI dan para Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Purbalingga dan mencetak kader Muhammadiyah yang militan.

Dalam sambutannya Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H. mengatakan bahwa keberadaan KOKAM Surya Cendekia UMP, menurutnya sebagai kontribusi UMP dalam menjaga ketahanan bangsa Indonesia. Mengingat sejarah terbentuknya KOKAM Indonesia  berawal dari semnagat warga Muhammadiyah pasca terbenuhnya 7 Jenderal Panglima TNI pada tragedi G/30/SPKI. “Saya mendorong Karyawan dan Dosen UMP bergabung di KOKAM Surya Cendekia UMP sebagai semangat warga Muhammadiyah berkontribusi dalam mempertahankan ketahananan Nasional,” pungkasnya.

Harapannya setelah mengikuti Diksar, seluruh pasukan KOKAM Surya Cendekia UMP dapat mengaplikasikan Trilogi KOKAM yang senantiasa diserukan oleh Komandan KOKAM Indonesia. "Menjaga ukhuwah islamiya, merawat NKRI serta Menggembirakan kehidupan kemanusiaan serta," kata Rektor UMP Dr H. Syamsuhadi Irsyad MH.

Komandan KOKAM Surya Cendekia UMP, Iwan Fachrudin S.E. M.Si. A.k. C.A., menyampaikan bahwa KOKAM Surya Cendekia UMP  sebagai SALAH SATU Ortom Muhammadiyah siap membantu pengawalan dan keselamatan masyarakat Indonesia. “Dengan dibentukanya Ortom ini membutuhkan sebuah pelatihan yang cukup untuk membekali kemampuan anggota. Acara ini dimaksudkan untuk memberikan dasar-dasar pengamanan seperti layaknya tentara yang mengamankan Indonesia,” katanya.

Komandan KOKAM Kabupaten Banyumas Azhar Syukri Romadlon menambahkan, sebagai generasi penerus bangsa, kader Muhammadiyah harus terus mengasah kemampuan dan mengembangkan diri melalui berbagai cara termasuk mengikuti Diksar KOKAM.

Harapannya, tercipta kader manusia yang berkualitas, dan siap menghadapi globalisasi. “Yang pada akhirnya mampu membangun dirinya serta mampu meningkatkan kesejahteraan dan martabat masyarakat pada umumnya,” tutup Azhar Syukri Romadlon yang akrab disapa Aank.(sls/tgr)

Read 441 times
Rahmat Pambudi, S.Kom

IT Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

rahmatpambudi@ump.ac.id