This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • GooglePlus
  • Linkedin
 
Thursday, 16 November 2017 02:17

PSDKP UMP Siap Kawal Pilkada Serentak Seluruh Indonesia

Written by
Rate this item
(0 votes)

 Pusat Studi Demokrasi dan Kebijakan Publik Universitas Muhammadiyah Purwokerto (PSDKP UMP) siap mengawal perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak seluruh Indonesia.

Direktur PSDKP UMP, Dr. Anjar Nugroho M.S.I., M.H.I. menjadi narasumber dalam  diskusi publik PSDKP UMP membincang demokrasi bertajuk Masa Depan Demokrasi Indonesia Di Era Generasi Milenial di Ruang Sidang Rektorat lt. 2 UMP, Kamis, (16/11/2017) sore.

“Kami dari Pusat Studi Demokrasi membentuk kesadaran dulu, setelah mereka (mahasiswa) sadar, baru mereka memiliki langkah cerdas politik yang akan mereka lakukan,” kata Dr. Anjar

Menurutnya, dari sisi jumlah, pemilih pemula tergolong sangat siginifikan, akan tetapi jika dilihat dari pilihan-pilihan politik mereka masih belum bisa diharapkan. “Dari hasil survei, para pemilih pemula ini belum memiliki pemilih yang mandiri. Justru orang tua disekeliling mereka yang mengarahkan para pemilih pemula ini untuk memilih pilihan politik tertentu,” ujarnya.

Untuk mengatasi itu, lanjut Anjar harus terus dilakukan sosialisasi untuk edukasi terhadap pemilih pemula. “Seperti yang dilakukan oleh JPPR ini merupakan sebuah ikhtiar bagaimana pemilih pemula itu memiliki kesadaran politik. Itu yang penting,” pungkasnya.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa bisa lebih mensosialisasikan kepada masyarakat. “Karena kita tahu bahwa setatus sebagai mahasiswa, secara strata sosial cukup terpandang di hadapan masyarakat. Sehingga ketika mereka menyuarakan sesuatu, pasti akan diikuti oleh masyarakat,” katanya.

“Terus menerus kita bina mahasiswa, kita didik mahasiswa sehingga mereka juga memiliki kesadaran politik, memiliki kecerdasan politik, dan mau menyampaikan ide-idenya itu di masyarakat,” pungkasnya. (tgr)

Read 152 times
Rahmat Pambudi, S.Kom

IT Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

rahmatpambudi@ump.ac.id