This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • GooglePlus
  • Linkedin
 
BERITA

BERITA (56)

Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerja sama UMP Press menerbitkan buku bertajuk "Pendidikan Anak dalam Perspektif Islam" milik Dr. Zakiyah, M.S.I di Ruang Sidang Kantor Pusat lt.2 Selasa (20/08) kemarin.

Ketua LPIP Dr. Sriyanto M.Pd dalam sambutannya mengatakan perkembangan pendidikan selama ini kontradiktif didalam proses pendidikan shahih.

“Bapak ibu sering mendengarkalau tidak ada guru yang berani menjewer telinga siswanya disekolah. Tidak ada guru yang berani untuk memberikan punishment dalam bentuk hukuman fisik. Tetapi kalau kita lihat dalam pendidikan Islam, anak usia diatas 7 tahun ketika tidak melaksanakan sholat, orang tuanya berhak untuk memukul dengan benda yang meskipun hanya pukulan hukuman,” jelasnya.

Menurutnya melalui buku yang akan di bedah oleh  Dr. Zakiyah, M.S.I akan ada solusi dalam dunia pendidikan. “Saya yakin didalam buku ini bisa mendiskusikan bagaimana perspektif pendidikan Islam di Indonesia menjadi satu solusi dalam dunia pendidikan ketika kita berada ditengah-tengah gelombang liberalisme yang cukup dahsyat,” tandasnya.

Sementara itu penulis buku "Pendidikan Anak dalam Perspektif Islam" Dr. Zakiyah, M.S.I mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah datang dalam acara bedah bukunya.

“Allhamdulillah akhirnya dengan sangat sederhana akhirnya munculah buku yang semungil ini. mudah-mudahan ini menjadi penyemangat awal dan mudah-mudahan menjadi kebiasaan saya untuk nulis tidak hanya berhenti disini kemudian bisa berlanjut lebih bagus untuk bisa menulis buku walaupun tetep pada keterbatasan dan kemampuan saya,” ungkapnya.

Buku dari Dr. Zakiyah, M.S.I yang berjudul "Pendidikan Anak dalam Perspektif Islam" terdiri dari delapan bab dengan pendidikan Islam, perspektif pendidikan islam.

“Pendidikan anak dalam perspektif Islam itu tidak hanya dimulai anak itu bisa dididik ketika mindset kita kan itu bisa dididik, maka teori-teori barat mengatakan anak itu bisa dididik ketika anak dalam kandungan dan kemudian ada lagi ketika anak usia tiga tahun itu baru bisa dididik. ini teori-teori barat,”

Wednesday, 21 August 2019 00:51

Prodi Magister PAI UMP Resmi di Buka

Written by

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) resmi membuka program studi (prodi) Magister Pendidikan Agama Islam (PAI). Pembukaan ini dilakukan setelah memperoleh Surat Keputusan (SK) izin operasional Program Studi (Prodi) PAI, Senin (19/8).

Kehadiran Prodi Magister PAI sekaligus melengkapi program pendidikan magister di lingkungan Fakultas Agama Islam (FAI) UMP. Pendirian ini didasarkan pada Surat Keputusan Mentri Agama Republik Indonesia Nomor 686 tahun 2019 tentang izin pendirian prodi magister Pendidikan Agama Islam pada Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

“Alhamdulillah, kemarin kami telah menerima SK. Pendirian Magister Pendidikan Agama Islam UMP S2 PAI. Saya berharap dengan diberikannya izin pada Prodi ini akan membuat UMP semakin maju ke depannya,” ujar Dekan FAI Dr. Ibnu Hasan, M.S.I., Selasa (20/8/2019).

Berdasarkan Rekomendasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Nomor : 27/ SK/BAN-PT/Min-Akred/VI/2019 tanggal 12 Juni 2019, Program Magister PAI UMP resmi dibuka. "Kehadiran Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam pada Universitas Muhammadiyah Purwokerto menjawab pertanyaan para alumni S1 PAI baik dari UMP maupun dari luar UMP," jelasnya.

Lebih lanjut Dr Ibnu menjelaskan, proses penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana UMP akan dibukan dalam dua gelombang, yakni dibuka pendaftaran periode gasal mulai Juni – September dengan mulai perkuliahan September, dan periode genap pada bulan Desember – Maret yang akan dimulai perkuliahan pada Maret.

“Untuk pendaftaran cukup membayar biaya pendaftaran 500 ribu, mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran dengan melampirkan, fc ijazah S1  dilegalisir, fc trankrip nilai yang dilegalisir, pasfoto berwarna terbaru ukuran 3×4 cm, fc KTP yang masih berlaku serta mengikuti dan lolos tes masuk. Atau bisa online melalui https://ppmb.ump.ac.id/,” pungkasnya.

Penyerahan Mahasiswa Magang 1 dan 2 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) Mintaraga Eman Surya, Lc., M.A, kepada pihak sekolah SMP Muhammadiyah 1 dan 2 Purwokerto, Kamis 1 Agustus 2019.

 

Penyerahan Mahasiswa Magang 1 dan 2 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) Dr. Zakiyah, M.S.I, kepada pihak sekolah MTs Muhammadiyah dan SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto, Kamis 1 Agustus 2019.

 

Penyerahan Mahasiswa Magang 1 dan 2 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) Dr. Ibnu Hasan, M.S.I, kepada pihak sekolah SMP dan SMA MBS Zam Zam Cilongok, Kamis 1 Agustus 2019.

Penyerahan Mahasiswa Magang 1 dan 2 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) Drs. Sulaeman, M.S.I, kepada pihak sekolah MTs dan MA PPPI Banyumas, Kamis 1 Agustus 2019.

 

 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) menyelenggarakan Orientasi Mahasiswa Program Setara Diploma satu (D-1) Pendidikan Kemuhammadiyahan angkatan ke-3 Tahun Akademik 2019-2020, di ruang perkuliahan Fakultas Agama Islam sabtu (20/7).

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 50 mahasiswa yang diantaranya guru-guru dan staff sekolah Muhammadiyah sekabupaten Banyumas.

Orientasi ini diisi dengan pemberian beberapa materi tentang Program Setara D-1 Pendidikan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Materi pertama yang disampaikan kepada peserta Orientasi mengenai Peraturan Akademik yang disampaikan oleh ibu Ani Nor Widyastuti, S.Sos. sebagai Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Materi kedua berisikan mengenai Sistem Administrasi  Keuangan, yang disampaikan oleh ibu Tiara Pandansari, S.E., M.Si selaku Kepala Biro Administrasi Keuangan

Materi terakhir yang diberikan berkaitan dengan Informasi Sistem Perkuliahan yang disampaikan langsung oleh Ketua Program Setara D-1 Pendidikan Kemuhammadiyahan bapak Drs. Makhful, M.Ag.

Perkuliahan Program Setara D-1 Pendidikan Kemuhammadiyahan ini dimulai pada tanggal 26 Juli – 23 November 2019.

Penyerahan Mahasiswa Magang 1 dan 2 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) Drs. Makhful, M.Ag., kepada pihak sekolah SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang dan SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang, Kamis 1 Agustus 2019.

Tuesday, 30 July 2019 00:52

Pembekalan Magang I dan II

Written by

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokwerto (FAI UMP) menggelar pembekalan magang 1 dan 2. Di aula ak. Anshor Kantor Pusat UMP Sabtu(27/7).

Dekan FAI UMP Dr. Ibnu Hasan, S.ag.,MSI. dalam sambutanya mengatakan bahwa "guru mempunya 4 kompetensi yang harus dikuasai sebagai guru profesional, yang pertama kompetensi pedagogik, pemahaman tetang ilmu pendidik dan ijazah yang berasal dari jurusan program studi pendidikan menjadi syarat utama kompetensi pedagogik."

“Kompetensi kedua yaitu kompetensi profesional bahwa kita menguasai bidang keilmuannya, anda adalah calon guru PAI maka anda harus menguasai materi materi PAI, kompetensi ketiga yaitu sosial, punya andil dan terlibat aktif dalam masyarakat, kemudian yang keempat yaitu kompetensi kepribadian ini yang menyangkut integritas kepribadian akhlakul karimah,” ungkapnya.

Lebih lanjut,Dr Ibnu mengatakan,magang 1 dan 2 menjadi bekal di magang 3, nantinya mahasiswa akan mempraktikan langsung menjadi guru yang sesungguhnya.

“Magang ini memiliki tujuan masing-masing yaitu tujuan magang 1 mengadakan pengamatan langsung kultur sekolah untuk membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian dan sosial,” ungkapnya.

Dijelaskan, magang 2 bertujuan memantapkan kompetensi akademik pendidikan melalui penyusunan perangkat pembelajaran dibawah bimbingan guru pamong magang (GPM).

“Dalam tujuan tersebut tentunya mempunya visi yaitu menghasilkan calon guru yang profesional dalam wawasan pengetahuan memiliki daya kreatifitas yang tinggi , memiliki polah tingkah laku yang unggul dan islami dalam melaksankan pendidikan di sekolah maupun di luar sekolah,” jelasnya.

Pelaksanaan magang 1 dan 2 dilaksanakan mulai dari 1 Agustus-15 Agustus 2019. “Jumlah peserta magang sebanyak 156 mahasiswa dengan peserta magang  1 sebanyak 93 mahasiswa dan peserta magang 2 sebanyak 63 mahasiswa,” pungkasnya.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melepas 29 peserta diploma satu (D-1) Kemuhammadiyahan yang berada di bawah Fakultas Agama Islam. Mereka telah menyelesaikan studinya.

Para peserta ini dilepas setelah menjalani pendidikan selama empat bulan. Ke-29 peserta program setara diploma satu tersebut dilepas oleh Rektor UMP, Dr Anjar Nugroho, di ruang AK Anshori, gedung rektorat UMP, Sabtu (29/6) lalu.

Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho dalam sambutanya mengatakan, meskipun empat bulan tapi proses pendidikan dan pembelajaran, secara materi sama dengan proses pendidikan di diploma satu.

“Dengan studi empat bulan tersebut, hanya sebagai pembukaan saja selebihnya peserta bisa banyak belajar lagi dimasing-masing Cabang, Ranting, Muhammadiyah. Dengan menerima ijazah sertifikat. Diharapkan peserta nantinya bisa kreatif minoriti di ranting masing-masing,”ungkapnya

Ditempat yang sama, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Banyumas Dr. Ibnu Hasan menjelaskan,  Program Kemuhammadiyahan ini bertujuan agar guru-guru bisa menanamkan Al Islam dan Aqidah melalui mata pelajaran masing masing.

“Dengan motivasi dan polesan ke-Islaman dalam pembelajaran. Bagaiman mengajarkan pelajaran masing-masing namun tidak kosong dari muatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan,” ungkapnya.

Dari 29 peserta program setara diploma satu pendidikan Kemuhammadiyahan itu, yang lulus terbaik atas nama Budi Priyanto. Kemudian peserta termuda atas nama Diana berusia 23 tahun dan peserta tertua atas nama Edi Muhammad berusia 56 tahun. 

 

https://ump.ac.id/Berita-1617-UMP.Lepas.29.Peserta.D-1.Kemuhammadiyahan.html

Page 1 of 4