This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • GooglePlus
  • Linkedin
 
BERITA
BERITA

BERITA (99)

IMM komisariat Buya Hamka melaksanakan lomba islami antar TPQ bertajuk Musabaqoh Islamic Atfal  (MIA)

 

Rabu (5/5) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Buya Hamka Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengadakan kegiatan Musabaqoh Islamic Athfal (MIA) bertemakan “Mewarnai dunia dengan dakwah islam” yang diikuti oleh 107 Peserta santriwan dan santriwati TPQ. Pelaksanaan Kegiatan MIA berlangsung selama 1 hari, yaitu hari Sabtu (1/5/21)  yang diikuti oleh 107 total keseluruhan peserta Yang berdomisili di Banyumas, Purbalingga dan sekitarnya.

 

Pembukaan MIA sendiri dilaksanakan di Masjid Ahmad Dahlan UMP yang dihadiri oleh Tamu Undangan dan Dekan Fakultas Agama Islam yang sekaligus membuka agenda Musabaqoh Islamic Athfal IMM Buya Hamka. Menurut Immawan Abdulloh Siroojul Ilmi selaku Ketua Umum PK IMM Buya HAMKA “Tujuan utama kami dari pimpinan komisariat membuat agenda MIA ini adalah untuk digunakan sebagai ladang melatih skil memimpin dan manajemen diri kader tingkat satu (A.k.a Kader baru) komisariat Buya HAMKA dengan menjadikan mereka panitia pelaksana pada agenda ini, agenda kepanitiaan MIA ini juga sekaligus menjadi follow up kegiatan DAD IMM Buya Hamka 2021 yang dilaksanakan pada bulan maret lalu. Dengan diadakannya kepanitiaan MIA ini kami sebagai pimpinan komisariat berharap terjalinnya komunikasi sejak dini antar kader tingkat satu dengan pimpinan sekarang, karena cepat atau lambat mereka akan duduk menggantikan kepemimpinan komisariat yang sekarang."

 

Kegiatan MIA IMM Buya Hamka terdiri dari 5 Perlombaan, diantaranya adalah lomba mewarnai kaligrafi, Adzan, Tahfidz, MTQ, dan Da'i cilik.  Sebelum pelaksanaan MIA, pendamping peserta sudah terlebih dahulu di berikan beberapa pengarahan seperti pemaparan petuntuk teknis, petunjuk pelaksanaan, syarat dan ketentuan lomba, serta rundown acara pada Teknikal meeting pada hari Kamis (29/4)

 

"Sesuai dengan tema, Mewarnai dunia dengan dakwah islam dilatarbelakangi untuk melatih dan mendidik anak-anak terutama sebagai generasi penerus bangsa dan agama untuk terus berprogres. Karena, mereka merupakan calon pemimpin bangsa yang akan datang. Dakwah sendiri tidak hanya berpatokan pada da'i atau yang berbicara diatas mimbar, tetapi bermakna banyak melalui lisan maupun tulisan, seperti halnya dalam perlombaan ini ada lomba adzan, MTQ, Tahfidz, mewarnai, dan Da'i cilik. Nah dari situlah tema kegiatan ini dilatarbelakangi." Imbuh Immawan Shibyan Heryawan Selaku Ketua Panitia Musabaqoh Islamic Athfal 2021.(srf)

Kuliah Dosen Tamu yang bertemakan Moderasi Beragama dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam digelar oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto via zoom cloud meeting app yang diikuti oleh seluruh mahasiswa FAI kususnya Prodi Pendidikan Agama Islam dan Magister Pendidikan Agama Islam. (08/04)

Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Makhful, M.Ag. dalam sambutannya menjelaskan tema pada kali ini sangatlah bagus menganai moderasi beragama dan implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam.

“Kuliah dosen tamu sangatlah bagus untuk menambah wawasan mahsiswa, supaya nantinya setelah lulus cukup mendapat pengalamn melalui kegiatan ini” ungkapnya.

Pembicara Kuliah Dosen Tamu Prodi Pendidikan Agama Islam adalah Prof. Dr. Phil. Asfa Widiyanto, M.Ag. M.A. Guru Besar IAIN Salatiga. Menyampaikan tentang Moderasi Beragama dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam.

Kuliah Dosen Tamu yang bertemakan Dimensi Hukum Kepailitan Dalam Pengembangan Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia digelar oleh Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S-1 Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto via zoom cloud meeting app. (08/04)

Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Makhful, M.Ag. dalam sambutannya menjelaskan kuliah dosen tamu kali ini berbeda dari yang sebelumnya.

“Pada Kuliah Dosen Tamu ini kita menghadirkan pakar hukum di indonesia akan menjelaskan tiga poin penting tentang kewenangan peradilan agama dalam hukum ekonomi syariah, kepailitan dan kepailitan ekonomi syariah” ungkapnya.

Pembicara Kuliah Dosen Tamu kali ini adalah Guru Besar Universitas Muhammadiyah Malang, Prof. Dr. Rahayu Hartini, S.H., M.Si., M.Hum. Dalam paparannya menjelaskan tentang pengadilan agama bertugas dan berwenang memeriksa, memutuskan dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama islam di bidang perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, sodaqoh dan ekonomi syariah.

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengembangkan kemampuan mahasiswanya dengan mengirimkan 15  mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S-1 ke Pengadilan Agama Purwokerto untuk mengikuti sidang.

Acara yang dilaksanakan pada hari Kamis 25 Maret 2021 didampingi oleh Dekan FAI Dr. Makhful, M.Ag. dan Safitri Mukarromah, S.Ag., M.Sy. selaku Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Safitri Mukarromah, S.Ag., M.Sy. menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan memperoleh pengalaman langsung di lapangan berkaitan dengan teori-teori yang diperoleh mahasiswa pada saat proses pembelajaran.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pengetahuan teoritis yang telah dimiliki mahasiswa tentang praktik di Pengadilan Agama dan memberikan pengalaman praktis tatacara di Pengadilan Agama kepada mahasiswa, terlebih pada situasi saat ini di masa pandemi” ungkapnya.

“Bahwa kelahiran IMM merupakan kebutuhan Muhammadiyah untuk memenuhi cita-citanya yang menuntut waktu dan zamannya, kelahiran IMM bagi Muhammadiyah sudah saatnya menjadi keharusan sejarah” (Farid Fathoni)

 

Selasa (9/3) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Buya HAMKA Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengadakan kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) bertemakan “Aktualisasi Nilai-Nilai Ikatan guna mewujudkan IMM Buya HAMKA yang berkemajuan” yang diikuti oleh 54 Peserta.

 

Pelaksanaan Kegiatan DAD berlangsung selama 4 hari, dari hari Jum’at (5/3/21) sampai Senin (8/9/21) yang diikuti oleh 54 total keseluruhan peserta Yang berlokasi di Komplek Pondok Pesantren MTQ Al-Ijtihad Sirau, Kemranjen, Banyumas.

 

Pembukaan DAD sendiri dilaksanakan di Ruang Sidang Lama FAI UMP yang dihadiri oleh Tamu Undangan dan Dekan Fakultas Agama Islam yang sekaligus membuka agenda Darul Arqam Dasar IMM Buya HAMKA.

 

Menurut Immawan Abdulloh Siroojul Ilmi Selaku Ketua Umum PK IMM Buya HAMKA “Agenda Darul Arqam Dasar ini bertujuan menyiapkan Kader untuk kepemimpinan komisariat selanjutnya dan mencetak Mahasiswa yang memiliki ideologi yang kuat sebagai pondasi ber-IMM”.

 

Kegiatan DAD IMM Buya HAMKA terdiri dari 5 Materi yang dibawakan oleh kalangan Tokoh Muhammadiyah, jajaran DPD IMM Jateng serta Alumni IMM Buya HAMKA dan IMM Banyumas. Sebelum pelaksanaan DAD, peserta sudah terlebih dahulu di berikan beberapa stimulus berupa penugasan menulis essay dan kajian pra-DAD.

 

“Sesuai dengan tema, “Aktualisasi Nilai-Nilai Ikatan guna mewujudkan IMM Buya HAMKA yang berkemajuan” dilatarbelakangi dengan kurangnya kesadaran pada diri tiap kader akan tugas dan orientasi yang dimiliki oleh seorang kader IMM, harapannya setelah mahasiswa secara resmi sudah mengikrarkan dirinya menjadi kader IMM dapat menciptakan semangat berfastabiqul khairat untuk memajukan komisariat.” Imbuh Immawan Abdulloh.

 

 

 

Fastabiqul khairat, IMM Jaya Jaya Jaya.

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto, menggelar acara pelepasan calon wisudawan/wati periode Wisuda Maret 2021. Jumlah mahasiswa FAI yang akan di wisuda pada tanggal 6 Maret 2021 secara online dan ofline (dengan menerapkan protokol kesehatan) sebanyak 18 orang terdiri dari 13 mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam S-1 dan 5 orang Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S-1.

Acara yang berlangsung di Aula A.K. Anshori UMP, Rabu (24/02) dihadiri oleh calon wisudawan/wati, pimpinan fakultas, dosen, lembaga kemahasiswaan, Ketua Ikatan Alumni FAI UMP. Kegiatan ini juga mempunyai tujuan sebagai ajang silaturahmi sekaligus perpisahan bagi calon wisudawan/wati dengan dosen serta tenaga kependidikan sebelum di wisuda lusa.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Agama Islam mengucapkan selamat kepada calon wisudawan/wati yang telah menyelesaikan masa studinya, “Bahwa wisuda bukanlah akhir dari segalanya, justru malah menjadi awal untuk menempa ilmu yang lebih banyak lagi. Dan mudah-mudahan ilmu yang anda dapat di fakultas bermanfaat bagi anda sendiri dan dilingkungan dimana anda bertempat tinggal” jelasnya.

Adapun wisudawan/wati meraih predikat terbaik pada periode ini yaitu dari Program Studi Agama Islam S-1 atas nama Muksinin dengan IPK 3,85 berpredikat Cum Laud dan dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S-1 atas nama Okasha dengan IPK 3,65 berpredikat Cum Laud. Mereka masing-masing mendapatkan penghargaan dari Fakultas Agama Islam.

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggelar Kuliah Tamu via zoom cloud meeting app, yang bertemakan “Prospek Lulusan Hukum Ekonomi Syariah di Pengadilan Agama”. (18/02)

Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Makhful, M.Ag. dalam sambutannya menjelaskan betapa pentingnya kuliah tamu ini.

“Tujuan diadakannya kuliah tamu untuk menambah motivasi belajar mahasiwa, karena nanti akan dijelaskan bagaimana kiat-kiat menghadapi era modern agar lulusan Hukum Ekonomi Syariah itu bisa masuk ke Pengadilan Agama”.

Hadir sebagai pembicara adalah Ketua Pengadilan Agama Purwokerto Drs. Muhdi Kholil, S.H., M.A., M.M. Dalam penyampaian materinya menjelaskan bagaimana beruntungnya mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah ini.

“Bagi mahasiswa yang mengambil Hukum Ekonomi Syariah adalah merupakan kebanggaan, itu merupakan suatu keputusan yang tepat karena disamping belajar hukum, belajar ekonomi, juga belajar agama. Jadi anda mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah ini sekaligus mempelajari tiga hal” ungkapnya.

Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyelenggarakan kuliah tamu online live streaming aplikasi zoom meeting dengan tema “Prospek Lulusan Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan Islam”. (17/02)
Dalam sambutannya,
Dekan FAI Dr. Makhful, M.Ag. berharap mahasiswa harus tetap semangat dalam menuntut ilmu.

“Lulusan Pendidikan Agama Islam yang mempunyai gelar sarjana pendidikan harus memiliki kompetensi dan profesionalisme di bidangnya. Selain memeiliki karier menjadi tenaga kependidikan, sarjana Pendidikan Agama Islam diharapkan juga bias mengembangkan ilmu yang telah di dapat pada masa perkuliahan”.

 

Pembicara pada kuliah tamu kali ini adalah Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Dr. Muhammad Qorib, M.A. Dalam paparannya menyampaikan bahwa, “Lulusan dari Pendidikan Agama Islam ini memiliki prospek yang sangat bagus, dalam konteks berbangsa dan bernegara di Indonesia ini. Dimana agama menjadi sebuah elemen dan variable yang sangat vital di kehidupan maka peran agama itu menjadi sesuatu yang dibutuhkan dalam diri kita. Disinilah kontribusi besar lulusan program studi Pendidikan Agama Islam untuk masyarakat” ungkapnya.

Setelah menggelar pelapasan mahasiswa Program Setara D-1 Pendidikan Kemuhammadiyahan angkatan ke-5, fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengadakan orientasi mahasiswa baru angkatan ke-6 yang diikuti oleh 69 peserta terdiri dari kepala sekolha, guru, dan karyawan amal usaha Muhammadiayah se-Kabupaten Banyumas dan Purbalingga. Acara tersebut dilaksanakan secara online melalui zoom meeting dan dibuka oleh Makhrus, S.EI. M.Si. selaku Wakil Dekan FAI. Senin (18/01).

Dalam sambutannya Wakil Dekan Fakultas Agama Islam Makhrus, S.EI. M.Si. menjelaskan Program Setara D-1 Pendidikan Kemuhamadiyahan bisa menjadi ajang silaturahmi bagi para pengelola Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

“Program Setara D-1 Pendidikan Kemuhamadiyahan ini selain untuk menambah ilmu tentang Kemuhammdiyahan juga merupakan ajang silaturahmi bagi para pengelola AUM walaupun nantinya perkuliahan akan dilakukan secara daring. Tetapi semua itu tidak mengurangi semangat kita untuk berbagi ilmu, berbagi informasi, dan berbagi pengalaman dalam hal pengelolaan AUM” pungkasnya.

Dalam orientasi tersebut dijelaskan tentang Peraturan Akademik oleh Didiet Sugit Priantoro, Kasubag. Pembelajaran dan MKU Biro Akademik, Sistem Administrasi Keuangan oleh Tiara Pandansari, S.E., M.Si. selaku Kepala Biro Keuangan, dan materi terakhir tentang Informasi Sistem Perkuliahan oleh M. Alfian N Azmi, S.Ud., S.T. selaku Ketua Program Setara D-1 Pendidikan Kemuhammadiyahan.

Page 1 of 8