This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • GooglePlus
  • Linkedin
 
BERITA

BERITA (73)

Lembaga Kemahasiswaan FAI (BEM, DPM, HMPS, IMM Komisariat Buya Hamka) menggandeng Lembaga Sosial ACT (Aksi Cepat Tanggap Purwokerto) menggelar Forum Diskusi Sosial Politik dengan tema “Mengurai benih-benih sosial dari konflik Hindu-Muslim di India” pada Selasa (10/03).

Bertempat di Ruang I.1.2 Fakultas Agama Islam UMP acara tersebut dihadiri oleh pemateri utama yaitu saudara Rama Fardiansyah (PIC Program ACT Purwokerto) dan 25 peserta diskusi.

Diskusi mengambil topik isu agama terbaru dalam ranah Internasional yakni Konflik di india yang merugikan kaum muslimin dengan terbitnya UU oleh perdana mentri India yang mengecualikan kaum muslimin untuk jadi warga negara india. Hal ini memicu konflik besar pada bulan Desember 2019 dan berlanjut hingga akhir Februari 2020.

Dalam kesimpulan diskusi kali ini forum memberikan 6 pernyataan sikap dengan tuntutan yaitu:

1. Sebagai warga negara dunia wajib membantu menyelesaikan / melawan konflik tersebut.

2. Sebagai saudara sesama muslim mengutuk keras konflik yang merugikan umat Islam.

3. Sebagai warga Indonesia ikut menjaga perdamaian dunia sesuai UUD 45

4. Mewajibkan seluruh lembaga kemanusiaan dari skala lokal, regional, nasional, dan internasional turut serta membantu para korban konflik di India.

5. Kami sebagai mahasiswa FAI UMP mendesak pemerintah Indonesia untuk segera memberikan sikap yang tegas terhadap penindas / diskriminasi dari New Delhi, India.

6. Sebagai mahasiswa FAI UMP mendesak kebijakan pemerintah India untuk mencabut UU CAB India 2019 yang di anggap merugikan hak warga negara yang beragama Islam.

Thursday, 12 March 2020 04:41

PERAIH JUARA FAVORIT DUTA GENRE 2020

Written by

Mahasiswa Fakultas Agam Islam (FAI) Prodi Pendidikan Agama Isalam menjadi Juara Favorit dalam pemilihan Duta Genre 2020 yang diselenggarakan oleh Pikma Youth Center UMP. Proses kegiatan tersebut dimulai dari 27 Februari 2020 awal pengumpulan berkas sampai ke final pada tanggal 5 Maret 2020.

Kompetisi Pemilihan Duta Genre ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari 20 orang mahasiswi dan 5 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Semua peserta dinilai oleh panitia dan juri, Penilaian di mulai dari hari pertama sampai hari terakhir yang meliputi,keaktifan peserta,  bobot menanggapi pertanyaan, keterampilan, kekreatifan penampilan bakat bersubstansi GenRe, attitude, kecakapan dalam menjawab sesi wawancara, kedisiplinan, dan ketepatan busana yang dikenakan sesuai peraturan.

Dalam acara tersebut Sab’ati Mela Matsania dinobatkan sebagai Juara Favorit Duta Genre 2020. Saya sangat mengapresiasi betul acara pemilihan duta genre ini. Karena bisa membangkitkan semangat remaja untuk bisa menjadi figure motivator bagi remaja sebaya. Wadah bagi mahasiswa untuk belajar bersosial (Hablun minannas) dan membagi ilmunya (Fastabiqul Khairat),” pungkasnya.

Thursday, 05 March 2020 03:37

PISAH SAMBUT DEKAN FAI

Written by

Senin, 02 Maret 2020 Fakultas Agama Islam (FAI) mengadakan acara pisah sambut Dekan masa jabatan 2016-2020 Dr. Ibnu Hasan, M.S.I. yang telah usai masa tugasnya. Sedangkan Dekan masa jabatan 2020 – 2024 di jabat oleh Drs. Makhful, M.Ag. Acara tersebut dihadiri oleh segenap civitas akademika FAI.

Dalam sambutannya Dr. Ibnu Hasan, M.S.I. mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas akademika  di lingkungan FAI yang telah membantunya selama menjabat dan tak lupa meminta maaf apabila ada kesalahan selama beliau memimpin.

Sementara itu Drs. Makhful, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan program yang akan berjalan kedepannya dan mengharapkan kerjasama civitas di lingkungan FAI lebih diperkuat, supaya bisa meningkatkan kualitas yang lebih baik lagi.

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) mengadakan pelepasan wisudawan/wati periode wisuda yang ke 64. Sejumlah 14 wisudawan/wati dilepas pada hari Sabtu, (29/02/2020) bertempat di FAI UMP.   Jumlah 14 orang tersebut meliputi 10 wisudawan/wati program Studi Pendidikan Agama islam dan 4 wisudawan/wati program Studi Hukum Ekonomi Syariah

Acara tersebut dihadiri oleh Dekan FAI Drs. Makhful, M.Ag. beserta civitas akademika FAI UMP dan juga orang tua wali masing-masing wisudawan/wati. Dalam acara tersebut Dekan FAI memberikan apresiasi kepada Farach Nur Azizah, S.H. dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah sebagai lulusan terbaik FAI dengan IPK 3,74.

            “Selamat kepada wisudawan/wati terutama peraih gelar luluan terbaik periode wisuda ke 64 yang telah menyelesaikan studinya, semoga ilmu yang diperoleh pada masa perkuliahan bisa tertularkan kepada lingkungan sehingga menghasilkan manfaat yang baik,” ungkapnya.

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam (FAI) Umiversitas Muhammadiyah Purwokerto menggelar Kuliah Tamu dengan tema “Muda Berkarya Melalui Inkubasi Bisnis Kreatif”, menghadirkan narasumber Fahd Pahdepie, S.I.P., M.A. (penulis best seller dan pengusaha) di Aula A.K. Anshori , Kantor Pusat UMP Lt.3, (27/02).

Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah Drs. Wage, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan kuliah tamu ini membawakan hasil untuk peningkatan mahsiswa kedepannya.

“Tujuan diadakannya kuliah kamu ini adalah untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa terutama agar mereka nanti terinspirasi oleh pembicara, dimana pada kesempatan ini pembicara masih sangat muda namun sudah meraih berbagai macam kesuksesan. Mudah-mudahan nanti bisa tertular kepada para mahasiswa,” ungkapnya.

            Fahd Pahdepie, S.I.P., M.A. dalam peme ran materi mengatakan “Setiap orang dalam hidupnya akan melewati setidaknya empat fase yang biasa saya sebut empat S, yaitu Survival, Security, Success dan Significant. Survival yang berarti sebuah proses untuk bisa bertahan hidup dengan cara memenuhi kebutuhan dasarnya, kemudian security merupakan suatu titik yang sudah aman karena semua kebutuhan telah tercukupi, lalu ketingkatan selanjutnya success yaitu memiliki sesuatu yang lebih dari yang sebenarnya cukup, masuk fase yang ke empat significant itu menjadi orang yang beda menjadi seseorang yang bermakna atau bermanfaat bagi orang lain, begitu pula didunia usaha akan menghadapi masalah tersebut.” pungkasnya.

Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI Universitas Muhammadiyah Purwokerto menyelenggarakan Kuliah Tamu pada Senin, (24 / 02) yang bertempat di Aula A.K. Anshori, Kantor Pusat UMP Lt. 3.

Acara yang bertemakan “Prospek Lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam” dihadiri oleh seluruh Mahasiswa FAI UMP. Dalam Kuliah Tamu tersebut menghadirkan pembicara Dr. Suliswiyadi, M.Ag., Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang.

“Menarik sekali Kuliah Tamu kali ini dengan tema Prospek Lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam karena hampir dipastikan FAI tidak ada yang menganggur. Karena ilmu agama dimanapun pasti dibutuhkan. Dan juga pada kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menyikapi belajar memerdekakan kampus merdeka agar searah dengan program pemerintah”. ungkap Dekan FAI Drs. Makhful, M.Ag. dalam sambutannya.

Dr. Suliswiyadi, M.Ag. menyampaikan, “Isu-isu pendidikan tinggi saat ini harus segera di respon dimana PTKI (Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam) selalu di posisikan sebagai pergurun tinggi kelas 2 setelah Perguruan tinggi umum, semua ini merupakan tantangan bagi kita semua bahwa kedepan  harus memainkan peran yang lebih lagi”.

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) mengadakan orientasi mahasiswa baru angkatan ke-4 Program Setara D-1 Kemuhammadiyahan dan diikuti oleh 72 peserta yang mencakup Kabupaten Banyumas dan Purbalingga. Acara tersebut dibuka oleh Dekan FAI Dr. Ibnu Hasan, M.S.I. di ruang I.1.2 FAI UMP, Sabtu (18/01).

Dalam sambutannya Dekan FAI Dr. Ibnu Hasan, M.S.I.  menjelaskan Program Setara D-1 Kemuhamadiyahan ini merupakan penguatan idiologi Muhammadiyah.

“Warga Muhammadiyah diakui masih banyak yang belum paham idiologi Muhammadiyah, paham Agama Islam menurut Muhammadiyah juga belum banyak dipahami. Untuk mengawal idiologi Muhammadiyah yang paling prioritas adalah didunia pendidikan, sehingga UMP bekerjasama dengan persyarikatan membuka Program Setara D-1 Pendiidkan Kemuhammadiyahan,”  pungkasnya.

Dalam orientasi tersebut dijelaskan tentang Peraturan Akademik oleh Didiet Sugit Priantoro, Staf Biro Administrasi Akademik, Sistem Administrasi Keuangan oleh Tiara Panda Sari, S.E., M.Si. selaku Kepala Biro Keuangan, dan Informasi Sistem Perkuliahan oleh Drs. Makhful, M.Ag. selaku Ketua Program Setara D-1 Pendidikan Kemuhammadiyahan.

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melepas 52 mahasiswa Program Setara D-1 Pendidikan Kemuhammadiyahan Angkatan Ke-3 yang telah menyelesaikan studinya selama empat bulan.

Ke-52 peserta Program Setara D-1 tersebut dilepas oleh Rektor UMP, Dr. Anjar Nugroho, M.S.I., M.H.I. di Aula AK Anshori UMP, Sabtu (11/01).

Dalam sambutanya Rektor UMP Dr. Anjar Nugroho, M.S.I., M.H.I. menyampaikan bahwa lulusan angkatan ke-3 ini adalah lulusan terbanyak dari angkatan sebelumnya. Rektor juga mengucapan selamat kepada mahasiswa angkatan ke-3 ini atas selesainya pada Program Studi Setara D-1 dan juga memberikan penghargaan kepada lulusan terbaik. Adapun mahasiswa mendapat predikat lulusan terbaik pada angkatan ke-3 ini yaitu Rakhmani Sidik, S.Fil.I. dengan IPK 3,94. “Mudah-mudahan kedepannya semakin banyak lagi yang menjadi peserta dan tidak hanya dilingkungan PDM Kabupaten Banyumas saja tetapi di PDM sekitar, bahkan targetnya itu PDM di Jawa Tengah,” ungkapnya

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas Dr. Ibnu Hasan, S. Ag., M.S.I. menyampaikan,  alasan terbentuknya Program Kemuhammadiyahan D-1 ini yang sudah berjalan 3 angkatan ini. “Saya ingin menegaskan kembali kenapa muncul Program Pendidikan Setara D-1 ditingkat Muhammadiyah ini latar belakangnya tidak lain adalah memenuhi amanat Muktamar Muhammadiyah di Malang, Jogjakarta, Magelang, dan Makasar untuk melakukan revitalisasi ideologi,” pungkasnya.

Dari 52 peserta Program Setara D-1 Pendidikan Kemuhammadiyahan itu, tercatat peserta termuda atas nama Surtiyah, S.Pd. berusia 24 tahun dan peserta tertua atas nama Dra. Rasiwen berusia 57 tahun.

Dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terhadap praktik operasiaonal perbankan syariah, mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S-1 semester III dan V Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto sebanyak 42 orang melakukan kunjungan Bank Muamalat Purwokerto. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2019. Dengan di dampingi oleh dosen pengampu mata kuliah Perbankan Syariah, Encep Saepudin, SE., M.Si., dosen pengampu mata kuliah Hukum Kontrak Bisnis Syariah, Safitri Mukarromah, S.Ag., M.Sy. dan juga Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S-1, Drs. Wage, M.Ag.

Praktik Lapangan Dakwah (PLD) merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa kader tarjih dan tabligh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh semasa kuliah sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

PLD tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 – 25 Rabi’ul Akhir 1441 H/9 – 22 Desember 2019 M bertempat di Pimpinan Ranting Muhammadiyah Belilk diikuti oleh 25 orang mahasiswa kader tarjih dan tabligh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang terdiri dari 19 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam S-1 dan 6 orang mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S-1.

Sebelum PLD dilaksanakan mahasiswa diberi pembekalan yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 Rabi’ul Akhir 1441 H/7 Desember 2019 M. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Drs. Makhful, M.Ag. Adapun materi yang disampaikan tentang Teknik Khutbah dan Retorika, Fiqih Dakwah, serta Program Kerja dan Membuat Laporan.

Page 1 of 6