This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • GooglePlus
  • Linkedin
 
BERITA

BERITA (62)

Program yang akan berjalan satu bulan ini merupakan program rutin tahunan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang bertujuan memberi pengalaman dan wawasan bagi mahasiswa tentang dunia kerja sesungguhnya.

Penyerahan Mahasiswa Magang 3 di SMA Negeri 1 Purwokerto.

 

 

Penyerahan Mahasiswa Magang 3 di SMA Negeri 4 Purwokerto.

 

 

Penyerahan Mahasiswa Magang 3 di SMK Negeri 1 Purwokerto.

 

 

Penyerahan Mahasiswa peserta PLKS di BRI Syariah Purbalingga.

Tuesday, 01 October 2019 02:12

FAI : PELEPASAN MAHASISWA MAGANG 3

Written by

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto memberangkatkan 46 mahasiswa dalam Program Magang 3 di SMA/SMK Negeri di Purwokerto. Program ini akan berjalan selama satu bulan penuh, terhitung mulai 1– 31 Oktober 2019.

Dekan FAI Dr. Ibnu Hasan, M.S.I mengatakan, “Selama menjalankan Program Magang 3 mahasiswa diharapkan dapat memaksimalkan diri dalam menempa, berlatih, dan memahami apa yang akan diterapkan”.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dekan FAI kepada mahasiswa “Anda disana membawa almamater UMP sehingga harus bisa menjaga nama baik dengan mematuhi peraturan yang berlaku dan juga menjalin komunikasi yang bagus dengan tempat magang serta kepada dosen pembimbingnya, segala sesuatuhal yang terjadi komunikasikan.” ungkapnya.

Selain memberangkatkan mahasiswa Magang 3 pada waktu yang bersamaan Dekan FAI juga melepas 16 orang mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah S-1 ke perbankan-perbankan syariah di wilayah Purwokerto dan Purbalingga dalam kegiatan Praktik Lembaga Keuangan Syariah (PLKS). Kegiatan ini berlangsung selama 30 hari dimulai pada tanggal 1 – 30 Oktober 2019.

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto menyelenggarakan kuliah tamu pada Sabtu, (14 / 09) yang bertempat di Aula Fakultas Teknik dan Sains Lt. 5 Universitas Muhammadiyah Purwokwrto.

Acara yang bertema “ Peluang dan Peran Strategi Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di Era 4.0” dihadiri oleh seluruh Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Kuliah tamu menghadirkan pembicara Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. Rektor IAIN Salatiga”, ungkap Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Ibnu Hasan, M.S.I.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Dekan FAI UMP bahwa “Supaya mereka mendapatkan wawasan yang baru, yaitu wawasan bagaimana caranya menghadapi globalisasi di era moderen ini” ungkap nya.

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) mengadakan  pelepasan terhadap calon wisudawan / widudawati periode September 2019. Acara pelepasan dilaksanakan pada hari Jum’at, 13 September 2019 lalu, bertempat di D’Garden Hall & Resto Purwokerto. Pelepasan diikuti oleh 46 calon wisudawan/wati yang terdiri dari 44 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S-1 dan 2 dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) S-1.

Acara pelepasan dihadiri oleh Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Ketua IKA Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Gubernur BEM, Ketua Komisaris IMM Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggelar Rapat Kordinasi pelaksanaan program Magang 3 di Ruang Rapat Pimpinan Fakultas Agama Isalam dengan kepala sekolah yang akan menjadi tempat mahasiswa Magang 3, Selasa (24/09).

Acara ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing dan Penilai Lapangan Magang Tiga Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto beserta 7 kepala sekolah SMA/SMK Negri di Purwokerto.

Dekan FAI Dr. Ibnu Hasan, M.S.I dalam sambutanya mengatakan bahwa “ magang ini memiliki tujuan mengadakan pengamatan langsung kultur sekolah untuk membangun dasar pedagogik, kepribadian dan sosial. Dan juga tentunya memiliki visi yaitu menghasilkan calon guru yang profesional dalam wawasan pengetahuan  memiliki daya kreatifitas yang tinggi, memiliki polah tingkah laku yang unggul dan islami dalam melaksanakan pendidikan di sekolah maupun diluar sekolah.” ungkapnya.

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) menggelar pembekalan Magang 3 yang diikuti 46 Mahasiswa program Studi Pendidikan Agama Islam S-1 bertempat di Ruang Sidang Kantor Pusat Lt. 2 Universitas Muhammadiyah Purwokerto Sabtu (21 / 09).

Pemateri dalam acara tersebut adalah  Drs. Sujiman, M.A., Pengawas PAI SMA / SMK dengan tema “Model  Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah” dan Drs. Sulaeman, M.S.I., Kaprodi PAI S-1 menjelaskan tentang Mekanisme Pelaksanaan Magang 3.

Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerja sama UMP Press menerbitkan buku bertajuk "Pendidikan Anak dalam Perspektif Islam" milik Dr. Zakiyah, M.S.I di Ruang Sidang Kantor Pusat lt.2 Selasa (20/08) kemarin.

Ketua LPIP Dr. Sriyanto M.Pd dalam sambutannya mengatakan perkembangan pendidikan selama ini kontradiktif didalam proses pendidikan shahih.

“Bapak ibu sering mendengarkalau tidak ada guru yang berani menjewer telinga siswanya disekolah. Tidak ada guru yang berani untuk memberikan punishment dalam bentuk hukuman fisik. Tetapi kalau kita lihat dalam pendidikan Islam, anak usia diatas 7 tahun ketika tidak melaksanakan sholat, orang tuanya berhak untuk memukul dengan benda yang meskipun hanya pukulan hukuman,” jelasnya.

Menurutnya melalui buku yang akan di bedah oleh  Dr. Zakiyah, M.S.I akan ada solusi dalam dunia pendidikan. “Saya yakin didalam buku ini bisa mendiskusikan bagaimana perspektif pendidikan Islam di Indonesia menjadi satu solusi dalam dunia pendidikan ketika kita berada ditengah-tengah gelombang liberalisme yang cukup dahsyat,” tandasnya.

Sementara itu penulis buku "Pendidikan Anak dalam Perspektif Islam" Dr. Zakiyah, M.S.I mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah datang dalam acara bedah bukunya.

“Allhamdulillah akhirnya dengan sangat sederhana akhirnya munculah buku yang semungil ini. mudah-mudahan ini menjadi penyemangat awal dan mudah-mudahan menjadi kebiasaan saya untuk nulis tidak hanya berhenti disini kemudian bisa berlanjut lebih bagus untuk bisa menulis buku walaupun tetep pada keterbatasan dan kemampuan saya,” ungkapnya.

Buku dari Dr. Zakiyah, M.S.I yang berjudul "Pendidikan Anak dalam Perspektif Islam" terdiri dari delapan bab dengan pendidikan Islam, perspektif pendidikan islam.

“Pendidikan anak dalam perspektif Islam itu tidak hanya dimulai anak itu bisa dididik ketika mindset kita kan itu bisa dididik, maka teori-teori barat mengatakan anak itu bisa dididik ketika anak dalam kandungan dan kemudian ada lagi ketika anak usia tiga tahun itu baru bisa dididik. ini teori-teori barat,”

Wednesday, 21 August 2019 00:51

Prodi Magister PAI UMP Resmi di Buka

Written by

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) resmi membuka program studi (prodi) Magister Pendidikan Agama Islam (PAI). Pembukaan ini dilakukan setelah memperoleh Surat Keputusan (SK) izin operasional Program Studi (Prodi) PAI, Senin (19/8).

Kehadiran Prodi Magister PAI sekaligus melengkapi program pendidikan magister di lingkungan Fakultas Agama Islam (FAI) UMP. Pendirian ini didasarkan pada Surat Keputusan Mentri Agama Republik Indonesia Nomor 686 tahun 2019 tentang izin pendirian prodi magister Pendidikan Agama Islam pada Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

“Alhamdulillah, kemarin kami telah menerima SK. Pendirian Magister Pendidikan Agama Islam UMP S2 PAI. Saya berharap dengan diberikannya izin pada Prodi ini akan membuat UMP semakin maju ke depannya,” ujar Dekan FAI Dr. Ibnu Hasan, M.S.I., Selasa (20/8/2019).

Berdasarkan Rekomendasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Nomor : 27/ SK/BAN-PT/Min-Akred/VI/2019 tanggal 12 Juni 2019, Program Magister PAI UMP resmi dibuka. "Kehadiran Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam pada Universitas Muhammadiyah Purwokerto menjawab pertanyaan para alumni S1 PAI baik dari UMP maupun dari luar UMP," jelasnya.

Lebih lanjut Dr Ibnu menjelaskan, proses penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana UMP akan dibukan dalam dua gelombang, yakni dibuka pendaftaran periode gasal mulai Juni – September dengan mulai perkuliahan September, dan periode genap pada bulan Desember – Maret yang akan dimulai perkuliahan pada Maret.

“Untuk pendaftaran cukup membayar biaya pendaftaran 500 ribu, mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran dengan melampirkan, fc ijazah S1  dilegalisir, fc trankrip nilai yang dilegalisir, pasfoto berwarna terbaru ukuran 3×4 cm, fc KTP yang masih berlaku serta mengikuti dan lolos tes masuk. Atau bisa online melalui https://ppmb.ump.ac.id/,” pungkasnya.

Penyerahan Mahasiswa Magang 1 dan 2 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) Mintaraga Eman Surya, Lc., M.A, kepada pihak sekolah SMP Muhammadiyah 1 dan 2 Purwokerto, Kamis 1 Agustus 2019.

 

Penyerahan Mahasiswa Magang 1 dan 2 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) Dr. Zakiyah, M.S.I, kepada pihak sekolah MTs Muhammadiyah dan SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto, Kamis 1 Agustus 2019.

 

Page 1 of 5